animasi bergerak naruto dan onepiece
Riko oktovianus

Minggu, 31 Mei 2015

Batu amber

Ambar atau amber adalah resin pohon yang menjadi fosil dan dihargai karena warna serta kecantikannya. Ambar berkualitas bagus digunakan dalam pembuatan barang permata dan ornamen. Meski tidak termineralisasi, ambar sering digolongkan sebagai sebuah batu permata.
Ambar sering disalahpahami terbentuk dari getah pohon; padahal tidak. Getah adalah cairan yang bersirkulasi melalui sistem pembuluhnya tanaman, sedangkan resin merupakan substansi organik amorf setengah-padat yang dikeluarkan dalam kantung dan kanal (saluran) melalui sel epitelium pada tanaman.

Batu amber

Sebagian besar amber di dunia ini berumur 30 sampai 90 juta tahun. Karena dulunya adalah resin pohon yang lunak dan lengket, kadang-kadang di dalam amber terdapat serangga dan bahkan hewan vertebrata yang kecil.
Resin setengah terfosilkan atau amber sub-fosil dikenal sebagai kopal.
Tidak hanya berwarna oranye kekuning-kuningan, ambar memiliki warna yang beragam mulai dari keputih-putihan, kuning limau yang pucat, coklat, dan hampir hitam. Ambar berwarna merah (kadang-kadang dikenal sebagai “cherry amber”), hijau, dan biru termasuk langka dan sangat dicari-cari.

Kebanyakan ambar yang bernilai tinggi memiliki permukaan transparan, tapi amber yang keruh dan gelap juga sangat umum. Amber yang permukaannya gelap berisikan sejumlah gelembung renik. Amber jenis ini dikenal sebagai “bastard amber”, meski kenyataannya ia adalah ambar sungguhan.
Fosil getah damar atau batu yang lebih dikenal dengan nama amber ternyata memiliki nilai ekonomis tinggi. Mineral yang terbentuk secara alami selama proses ribuan tahun ini mampu menarik minat kolektor dari mancanegara.
Seorang pengrajin yang merupakan warga di Kota Subabumi, Jawa Barat, secara khusus membuka bisnis membuat perhiasan dan aksesori dengan menggunakan batu amber ini. Hasil kerajinannya dijual untuk memenuhi permintaan di pasar Amerika Serikat dan negara-negara Eropa.
Amber yang diolah oleh perajin di sini memang bukan berasal dari Sukabumi. Bahan baku secara sengaja didatangkan dari tambang-tambang batu bara yang memiliki kandungan fosil getah damar di Pulau Sumatera.

Batu amber ini tergolong unik. Memiliki warna yang menarik seperti merah, kuning, dan biru. Selain itu batu ini tak seberat yang terlihat. Satu gelang yang terdiri dari 10 hingga 13 butir batu amber olahan hanya memiliki berat sekitar 15 gram, sehingga sangat cocok digunakan sebagai perhiasan. Pengrajin menjadikan batu amber ini untuk perhiasan seperti gelang, liontin, anting, dan untaian kalung.

Proses pembuatan pun tergolong mudah. Bongkahan batu dipotong sesuai dengan pola yang diinginkan, lalu dihaluskan. Semua proses ini dilakukan dengan menggunakan mesin yang tergolong sederhana. Pengerjaannya tidak terlalu rumit dikarenakan batu amber tidak sekeras batu pada umumnya.

Pemilik CV Buana Raya, Henda Suhenda, mengaku telah merintis usaha kerajinan ini sejak enam tahun yang lalu. Ia bekerja sama dengan agen penyalur batu perhiasan kelas dunia asal AS yang memiliki jaringan pasar yang sangat luas di Amerika dan Eropa.
Kesempatan ini diakui Henda sangat membantunya dalam memasarkan produk perhiasan batu amber hasil kerajinannya. Apalagi pangsa pasar begitu luas dan permintaan cukup tinggi.
Menurut Henda, sejumlah tambang batu bara yang berada di Sumatera selama ini dapat diandalkan sebagai sumber bahan baku. Sebab, batu amber memang biasanya terdapat pada lapisan batu bara yang berasal dari berjuta pohon damar yang mati dan menjadi fosil.

Henda mengaku bahwa dengan usahanya ini ia bisa memperoleh keuntungan cukup besar. Tidak dijelaskan secara rinci nilai keuntungannya, namun menurutnya omzet mencapai puluhan juta rupiah. Ia kini mempekerjakan sebelas pengrajin yang terampil sebagai karyawan di perusahaannya untuk memproduksi sekitar 10 ribu gelang batu amber serta beragam jenis perhiasan lain setiap bulan.
Sayangnya, menurut Henda, peminat produk kerajinannya ini di dalam negeri tidak lebih besar dari konsumen dari luar negeri. Hal ini dikarenakan harga jualnya yang masih dianggap sangat mahal. Oleh karena itu, Henda lebih banyak memasarkan produk perhiasan ini di mancanegara

Khasiat Batu Amber
Banyak orang meyakini manfaat Batu Permata Amber Fosil. Khasiat, Tuah, Manfaat Insya Allah untuk khusus menjadikan pasangan semakin lengket nempel terus, meluluhkan hati pasangan, pasangan semakin cinta, mengunci pasangan untuk setia, mata kabur melihat idaman lain selain pasangannya, keharmonisan hubungan pacaran dan pernikahan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design